Rabu, 04 Maret 2009

Vegetarian; Bukan Sekedar Gaya Hidup (Bagian 1)

Pada era modern sekarang ini semakin banyak saja penyakit yang ditemukan. Sejalan dengan meningkatnya angka kematian akibat beberapa penyakit modern, seperti penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, kanker, kegemukan, hipertensi, stress, dan hiperkolesterolemia, pola hidup sehat dengan vegetarian merupakan pilihan yang tepat.

Memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang belum terlatih dan tidak mendapat dukungan dari keluarga. Seringkali masyarakat beranggapan bahwa vegetarian akan menyebabkan terjadinya anemia. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai vegetarian. Anemia yang sering dikaitkan dengan vegetarian adalah anemia defisiensi zat besi (Fe).

Nah, Apa sih Anemia itu?
Anemia, atau yang lebih kita kenal dengan penyakit kurang darah, adalah bila kadar hemoglobin darah kurang dari 12 g/dL dan hematokrit kurang dari 35 cL/L. Data WHO menyebutkan kurang lebih dua miliar penduduk dunia terkena anemia. Tanda-tanda anemia antara lain : kulit pucat, rasa lelah, nafas pendek, kuku mudah pecah, kurang selera makan, dan sakit kepala bagian depan. Namun, terkadang tidak ada keluhan bila pasien mengalami anemia ringan. Oleh sebab itu tidak ada data yang pasti mengenai jumlah kasus anemia di dunia.

Vegetarian itu gimana ya?
Vegetarian mempunyai dua pengertian, yakni sebagai kata benda dan kata sifat. Sebagai kata benda, berarti orang yang berpantang makan daging, tetapi hanya makan sayur-sayuran dan bahan makanan nabati lainnya. Sebagai kata sifat, vegetarian berarti tidak mengandung daging atau kebiasaan berpantang daging.

Ada beberapa kelompok vegetarian :

1. Vegetarian Vegan
Merupakan kelompok vegetarian murni, karena tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, telur, dan susu.
2. Vegetarian Lacto
Merupakan kelompok vegetarian yang masih mengonsumsi susu dan hasil olahannya seperti: keju, mentega, dan yoghurt.
3. Vegetarian Lacto-ovo
Merupakan kelompok vegetarian yang masih mengonsumsi telur, susu, dan hasil olahannya.
4. Vegetarian Pesco
Merupakan kelompok vegetarian yang masih mengonsumsi makanan dari ikan, baik ikan air laut maupun ikan air tawar.
5. Vegetarian Fluctarian
Merupakan kelompok vegetarian yang hanya pantang makan daging berwarna merah.

Banyak sekali pendapat mengenai gaya hidup vegetarian ini, terutama mengenai kelompok vegetarian yang manakah yang baik untuk kesehatan dan tidak menyebabkan anemia? Tunggu artikel bagian kedua yang khusus membahas menganai pola makan vegetarian yang baik untuk kesehatan tanpa menyebabkan anemia!

Sumber : http://doktermartha.wordpress.com/2009/03/04/vegetarian-bukan-sekedar-gaya-hidup-bagian-1/

Tidak ada komentar:

Proyek Bersih Parpol Hanya Slogan - AntiKorupsi.org