Kamis, 06 Agustus 2009

Mbah Surip - Sang Pembawa Pesan

Kesahajaannya mengingatkan kita, bahwa hidup ini tidak banyak persoalan.

Semua orang bertanya-tanya, mengapa mbah Surip, hanya dengan lagu-lagunya yang sederhana, dan gaya yang seadanya, dapat membawanya ke puncak ketenaran seorang seniman sejati.

Inilah pesan yang disampaikan oleh Almarhum mbah Surip, bahwa bangsa kita yang telah kehilangan indentitas, seolah diingatkan, bahwa inilah indentitas orang Indonesia asli.

Sederhana, tidak sirik kepada lingkungan sekitar, rendah hati, menolong sesama, tidak membohongi apalagi menghianati diri sendiri, merupakan pola pikir dasar orang Indonesia sesungguhnya, sebelum Orde Baru.

Dalam falsafah hidup orang Indonesia Kuno, hidup adalah pasrah. Sehingga kita, tidak kaget menghadapi segala persoalan. Pasrah dalam falsafah orang Indonesia, bukan berarti tidak berusaha, tetapi lebih pada mensyukuri hasil yang sudah dicapai.

Sehingga seperti mbah Surip, selalu konsisten dan memiliki komitmen kepada pilihan hidupnya. Hal ini terlihat, ketika mendadak kaya, mbah Surip pun tidak kaget dan tidak berubah.

Mudah-mudahan setelah pesan yang disampaikan oleh mbah Surip ini, kita semua akan berubah menjadi orang yang pasrah. Amin amin amin

Jika hal itu tercapai, maka bukan tidak mungkin, kita akan kembali menjadi bangsa yang besar. Amin amin amin....

3 komentar:

Haedir GokiL mengatakan...

muga alm.mbak surip diterima disisi-nya.amin

Career mengatakan...

He is a good person.God Bless...

Perempuan Rumahan mengatakan...

Banyak interpretasi yang bisa diberikan oleh seseorang ketika melihat sosok public figure. Dan Mbah Surip memang tokoh yang low profile jika dilihat dari penampilannya yang sederhana. Tapi mengenai dia tidak berubah sesudah memiliki harta, sebenarnya hal yang ini masih belum bisa dipastikan. Berhubung dia masih terhitung "baru meledak" di dunia musik, dan harta yang didapatnya itu kabarnya masih belum berada di tangannya, alias masih di atas kertas saja.

Uang bisa mengubah orang yang paling suci sekalipun menjadi paling biadab seduania, meskipun aku tidak mengatakan semua orang seperti itu loh. Hanya saja, kematian Mbah Surip di puncak karirnya ini bisa jadi telah memperkecil kemungkinan dia akan berubah karena materi. Meskipun tidak menghapus bersih kemungkinan dia tetap berubah (seandainya masih hidup) karena mbah Surip juga manusia kan ^_^

Proyek Bersih Parpol Hanya Slogan - AntiKorupsi.org